Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Nikah Hemat Di Bawah Rp 20 Juta

Tips Nikah Hemat Di Bawah Rp 20 Juta

Tips Nikah Hemat Di Bawah 20 Juta
- Pernikahan adalah sesuatu yang sakral bagi kita. Oleh karena itu, perlu direncanakan lebih dulu agar nantinya pernikahan kita dapat berjalan lancar.

Banyak dari kita mungkin terkendala biaya untuk melaksanakan pernikahan, berikuti ini akan dijelaskan bagaimana cara atau tips nikah hemat di bawah Rp 20 Juta.


1. Niat 

Kita harus punya niat yang benar-benar untuk nikah, karena nikah itu kan bukan suatu hal yang main-main.

Tanya sama diri kita sendiri apakah kita benar-benar udah siap? sudah sanggup ke bagian selanjutnya.


2. Daftar di KUA

Kita harus mengumpulkan berkas-berkas yang nantinya akan kita serahkan ke KUA, tujuannya apa berkas-berkas itu?

Jadi nanti kalau kita sudah ngumpulin berkasnya, nanti tim dari KUA  bakal menyetujia tanggal yang kita ajukan untuk hari pernikahan.

Dan berapa sih budgetnya, biaya di KUA itu kalau tidak salah sekitar Rp600.000, itu nikahnya sudah bisa di rumah.

Berkas-berkas apa saja yang dibawa ke kantor KUA? Berkas yang pertama adalah mengumpulkan Foto Copy KTP, foto copy Ijazah terakhir,  pas foto ukuran 3 x 4 dan 4 x 6 background biru.

Kkartu keluarga,akta kelahiran,  kemudian diserahkan ke pihak KUA, dan untuk mengajukan atau yang memberikan kertas berkas-berkas yang sudah  disiapkan tidak harus kita, bisa juga diwakilkan oleh yang sudah biasa mengurus berkas-berkas pernikahan.


3. Dekorasi dan Make Up

Sebaiknya untuk dekorasi dan Make Up digabung saja jangan dipisah-pisah, biasanya kalau yang dipisah itu lebih mahal,karena bayarannya beda-beda orang.

Untuk dekorasinya kita bisa nyewa ke tempat-tempat jasa pernikahan yang biasanya mereka menyediakan untuk acara tunangan, atau sewa kursi atau tambahan-tambahan bunga dan lain sebagainya.


4. Fotografer dan MC 

Untuk fotografernya kalau bisa kita bisa minta tolong sama temen kita yang memang bisa fotoin kita atau saudara kita atau tetangga kita.

Pokoknya siapa aja deket sama kita, minta tolong sama mereka yang memang mereka tuh bisa foto dan plus mereka punya kamera juga.

Kalau minta tolong seperti itu, harganya itu lebih harga temen dan itu akan menghemat budget dan  hasilnya juga nggak jauh-jauh beda banget sama tukang fotografer yang mahal. 

Selanjutnya  untuk MC juga kita bisa sewa atau minta tolong ke saudara kita, tetangga kita, ke teman kita yang memang sudah terbiasa untuk bisa membawakan acara suatu event, Itu akan menghemat budget pernikahan kita.


5. Undangan dan Tamu Undangan

Untuk undangan dapat kita buat 2 versi yaitu undangan kertas dan undangan digital. Untuk undangan kertas itu kita dapat order di Market Place.

Undangan kertas diberikan kepada orang-orang yang lebih tua seperti untuk Ketua  RT, Ketua RW, temen-temen ibu dan ayah. 

Kita buat undangan kertas sekitar  100 Pac, dengan biaya peritemnya Rp 600, jadi totalnya biaya untuk undangan kertas Rp. 60 ribu.

Kita dapat memilih tipe-tipe undangan lainnya di market place  yang bagus-bagus dan yang lebih murah

Undangan digital dapat kita download di SINI 

Untuk tamu undangan, kalau ingin biaya niakahnya hemat, kita dapat mengundang keluarga, teman-teman kerja, dan teman-teman dekat saja.

Karena semakin banyak kita mengundang orang, maka semakin banyak kita juga akan mengeluarkan pengeluaran untuk biaya ketring nantinya.

Contohnya kalau kita mau  mengundang tamu sebanyak 300 orang, maka otomatis kita harus menyiapkan budget untuk 600 porsi orang.

Karena sekarang kita lagi dilanda Covid 19, maka kita juga enggak bisa ngundang orang banyak-banyak,  kita harus mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah.


6. Souvenir

Kalau kita mempunyai kemampuan membuat souvenir, apa salahnya kita buat sendiri. Maka kita akan lebih menghemat biaya pengeluaran lagi. Misalnya kita buat Sovenir dari Kain Flanel.

Jadi kita hanya perlu membeli kain flanel, lem,beli manik-manik, beli peniti dan bros dengan biaya sebesar RP 300 ribu.

Tapi nggak ada salahnya sih untuk kita yang nggak mau repot, kita dapat membelinya di market place dengan minimal harga Rp 100.


7. Catering

Salah satu hal yang wajib saat pernikahan,  yaitu Catering, kalau enggak ada Catering, mau dikasih makan apa para  tamu dan diri kita sendiri.

Sebelumnya kita sudah bahas tentang soal tamu undangan, semakin  banyak kita mengundang, semakin banyak kita harus mengeluarkan budget untuk catering.

Contohnya kalau kita mengundang 1000 orang tamu, otomatis kita harus minimal menyiapkan 2000 porsi  untuk orang atau tamu-tamu yang kita undang.

Karena enggak mungkin tamu itu datang sendirian, bisa saja tamu itu datang bersama anaknya, atau sama suaminya atau sama temennya.

Enggak mungkin kita ngundang banyak tamu tapi persediaan makannya enggak ada, jangan sampai kita malu-maluin pesta pernikahan kita. 

Sebaiknya kalau bisa, jangan terlalu banyak mengundang tamu undangan, jika budget kita tuh nggak terlalu banyak.

Demikian Tips Nikah Hemat, semoga dapat bermafaat bagi kita semua.


Posting Komentar untuk "Tips Nikah Hemat Di Bawah Rp 20 Juta "