Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat dan Cara Membuka Rekening BCA Secara Online

Syarat dan Cara Membuka Rekening BCA Secara Online


Syarat dan Cara Membuka Rekening BCA Secara Online - Bank BCA adalah Bank Swasta terbesar di tanah air bahkan di Kuartal ketiga di tahun 2020 kemarin berhasil mencatatkan nilai aset di atas 1000 Triliun.

Dapat kita katakan nilai aset dari Bank BCA hampir menyaingi Bank Mandiri dan Bank BRI yang telah mencatatkan 1000 Triliun di nilai asetnya terlebih dahulu.

Jadi sampai artikel ini dibuat baru ada 3 bank di Indonesia yang nilai asetnya di atas 1000 triliun yaitu Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BCA.

Dengan aset yang begitu besar rasanya tidak salah kalau kita menyandangkan gelar Bank Swasta terbesar kepada Bank BCA.

Oleh karena itu, Bank BCA menjadi salah satu bank yang terpercaya untuk kita membuka rekening tabungan.

Apalagi saat ini membuka tabungan di Bank BCA sangatlah mudah, karena kita cukup bermodalkan handphone saja tanpa harus mengantri di kantor cabang BCA.

Pada kesempatan ini kita akan menjelaskan tiga hal yaitu pertama, syarat membuka rekening tabungan di Bank BCA. Kedua, tipe-tipe tabungan di Bank BCA dan yang ketiga adalah bagaimana caranya membuka rekening di bank BCA secara online hanya dengan bermodalkan handphone.


Syarat Membuka Rekening Tabungan Di Bank BCA


Ada 2 syarat membuka rekening di Bank BCA,  syarat yang pertama adalah KTP dan yang kedua adalah pulsa untuk SMS.

Mungkin kita akan bingung kenapa kita perlu pulsa, pulsa ini nantinya digunakan untuk melakukan verifikasi atas nomor handphone dan HP yang kita gunakan untuk bertransaksi di mobile banking dari Bank BCA.

Oleh sebab itu, yaitu kita perlu menyediakan pulsa yang cukup untuk melakukan pengiriman satu kali SMS saja.

Selanjutnya mungkin ada beberapa dari kita yang bertanya apakah kita perlu NPWP saat membuka rekening di Bank BCA?

Jawabannya adalah kita tidak perlu NPWP ya temen-temen saat membuka tabungan di Bank BCA, NPWP sifatnya adalah opsional atau pilihan.

Jadi, bisa kita kasih atau tidak Kita kasihkan, itu terserah dari kita masing-masing, dan kalaupun saat ini kita tidak punya NPWP, tapi kita sudah bekerja, kita bisa daftar NPWP secara online.

Adapun link untuk mendaftar NPWP secara online klik di SINI.

Berikutnya nanti Kita bisa membuka NPWP sendiri, setelah kita mengetahui syarat syarat untuk membuka rekening tabungan di Bank BCA.

Selanjutnya kita diminta untuk memilih tipe tabungan di Bank BCA temen-temen. Dan pada Bank BCA menyediakan beberapa pilihan tipe tabungan.

Yang pertama adalah tahapan BCA dan tahapan Gold. Jadi kalau misalkan tabungan tahapan itu diperuntukkan bagi perorangan untuk keperluan sehari-hari teman-teman.

Sedangkan tahapan gold diperuntukan buat mereka yang mempunyai bisnis agar mereka bisa mengelola perusahaan dengan lebih baik.

Misalkan kita ingin membuka rekening tabungan untuk keperluan sehari-hari, kita bisa memilih rekening tabungan tahapan.

Setelah kita memilih rekening tabungan tahapan kita akan diminta untuk memilih tipe kartu yang akan kita gunakan teman-teman.


Tipe-Tipe Tabungan BCA 


Bank BCA itu menyediakan 3 tipe kartu yaitu:

1. Blue 

2. Gold

3. Platinum 


Kartu ATM Blue

Kartu ATM Blue BCA


Setiap kartu mempunyai biaya dan limit yang berbeda-beda, misalnya Kartu Yang Berwarna Blue.

Berikut rincian biaya dan limit dari Kartu ATM BCA Blue yang berlaku per Februari 2020:


  • Limit Debit: Rp 50.000.000
  • Limit Transfer antar BCA: Rp 50.000.000
  • Limit Transfer antar Bank: Rp 15.000.000
  • Limit Tarik Tunai: Rp 10.000.000
  • Limit Setor Tunai: Rp 25.000.000
  • Biaya Admin: Rp 14.000
  • Biaya Pembuatan/Penggantian Fisik Kartu: Rp 10.000

Kartu ATM Gold


Kartu ATM Gold BCA


Kartu ATM jenis Gold cocok untuk nasabah yang sering bertransaksi minimal Rp 10 juta sampai Rp 50 juta.

Biaya dari kartu jenis Gold ini lebih tinggi dibanding ATM BCA Blue. Walaupun begitu, ada banyak keunggulan yang ada pada Kartu ATM BCA Gold yang tidak dimiliki pengguna Kartu ATM BCA Blue.

Berikut di bawah ini adalah rincian biaya dan limit dari Kartu ATM BCA Gold yang berlaku per Februari 2020:

  • Limit Debit: Rp 75.000.000
  • Limit Transfer antar BCA: Rp 75.000.000
  • Limit Transfer antar Bank: Rp 20.000.000
  • Limit Tarik Tunai: Rp 10.000.000
  • Limit Setor Tunai: Rp 40.000.000
  • Biaya Admin: Rp 16.000
  • Biaya Pembuatan/Penggantian Fisik Kartu : Rp 15.000

Kartu ATM Platinum


Kartu ATM Platinum BCA



Kartu ATM Platinum diperintukkan untuk nasabah yang sering melakukan transaksi  sampai dengan Rp.100 juta. 

Dengan begitu kita juga memiliki limit debit sangat besar jika memakai kartu ATM Platinum yakni sebesar Rp.100 juta.

Berikut di bawah ini  rincian biaya dan limit dari Kartu ATM BCA Platinum yang berlaku per Februari 2020:

  • Limit Debit: Rp 100.000.000
  • Limit Transfer antar BCA: Rp 100.000.000
  • Limit Transfer antar Bank: Rp 25.000.000
  • Limit Tarik Tunai: Rp 10.000.000
  • Limit Setor Tunai: Rp 50.000.000
  • Biaya Admin: Rp 19.000
  • Biaya Pembuatan/Penggantian Fisik Kartu : Rp 20.000


Apabila kita memilih untuk membuka rekening tabungan Tahapan BCA secara online, maka kita akan menerima kartu ATM dan buku tabungan.

Keduanya bisa kita ambil di kantor cabang BCA yang paling dekat dengan tempat tinggal kita  saat ini.


Tabungan Expresi 

Selanjutnya pilihan tabungan yang berikutnya adalah tabungan Xpresi, BCA menyediakan pilihan tabungan xpresi yang diperuntukkan untuk generasi muda.

Mengenai persyaratannya dapat berbeda-beda tergantung dari kelompok umur, kita bisa melihat informasi syarat dokumen yang diperlukan di bawah  ini:

Syarat Pendaftaran Expresi BCA




Sebagai contoh apabila kita berusia di antara 12 sampai dengan 17 tahun, maka kita harus memiliki kartu pelajar, KTP dari salah satu orangtua, membawa NPWP dari salah satu orang tua apabila ada, surat persetujuan dari orang tua dan formulir data nasabah yang kita lihat di tabel tersebut.

Tabungan ekspresi dapat diperuntukkan untuk segala kelompok umur, kita yang masih bersekolah ataupun masih kuliah juga bisa mendapatkan kartu ATM dengan logo GPN yang tipenya Blue.

Namun kita tidak akan diberikan buku tabungan, sehingga rasanya Tahapan Xpresi ini tidak cocok untuk kita sudah bekerja, karena fotocopy dari buku tabungan tersebut diperlukan untuk mengurus gajian ataupun kredit nanti ke bank.

Selanjutnya setelah kita mengetahui syarat dan tipe tabungan yang ditawarkan oleh bank BCA selanjutnya kita akan belajar bagaimana caranya buka rekening BCA online.

Kita sebagai nasabah diberikan dua pilihan oleh bank BCA yaitu melalui website atau melalui aplikasi BCA mobile.

Berikut ini bentuk dari pendaftaran online melalui website Bank BCA atau bisa mendaftar di SINI.

Form Daftar Onlien Bank Bca



Adapun beberapa pertanyaan berikut di bawah ini perlu kita isi:

  • Nama 
  • Jenis kelamin 
  • Identitas 
  • Nomor identitas 
  • Tanggal kadaluarsa 
  • Nomor handphone
  • Nomor telepon
  • Alamat email 

Selanjutnya setelah kita mengisi formulir tersebut secara lengkap, kita akan mendapatkan nomor referensi.

Nomor referensi inilah yang kita bawa ke kantor cabang Bank BCA terdekat untuk mendapatkan kartu ATM dan buku tabungan.

Atau kita juga bisa menggunakan cara yang kedua untuk membuka cara online teman-teman yaitu menggunakan aplikasi BCA mobile.\

Daftar Mobile Bank BCA



Disini kita akan ada beberapa pilihan dan untuk bisa membuka rekening secara online ini pilihan buka rekening baru, kita Klik buka rekening baru disini BCA menyampaikan bahwa buka rekening dari handphone tanpa minimum setoran awal.

Dan kita juga akan langsung mendapatkan fasilitas mobile dan internet banking dan kita akan mendapatkan fitur keyless di mobile dan yang terakhir kita bisa berbelanja dengan menggunakan keyboard PS.

Menurut Admin pribadi membuka rekening BCA secara online dengan menggunakan aplikasi BCA mobile itu jauh lebih mudah dibandingkan dengan mengisi identitas di website.

Termasuk verifikasinya kita bisa langsung gunakan aplikasi BCA Mobile ini melalui Video Call, ada beberapa langkah yang perlu kita ikuti sebelum nantinya rekening BCA kita aktif dan bisa digunakan.

Yang pertama adalah menyiapkan KTP elektronik, jadi wajib banget buat kita yang ingin membuka rekening BCA secara online untuk mempunyai KTP elektronik.

NPWP jika ada lalu Isi data diri ada beberapa data yang perlu kita isikan, dan yang kedua kita akan melakukan video call dengan customer service bank BCA untuk verifikasi data.

Yang ketiga kita bahkan bisa mengaktifkan mobile dan internet banking untuk memudahkan transaksi tanpa harus ke kantor cabang teman-teman.

Jadi sangat menyenangkan sekali dan yang terakhir kita akan melakukan setoran awal ke rekening baru bisa menggunakan rekening bank BCA tersebut.

Setelah kita mengetahui langkah-langkahnya kita langsung klik mulai ya teman-teman, nah disini kita akan ditanya Apakah kita memiliki rekening BCA saat ini ya atau tidak Kalau tidak kita pilih tidak.

Dan kita klik lanjut selanjutnya kita akan disuruh untuk memilih produk tabungan yang diinginkan kita sudah sampaikankan tiba-tiba tabungan dan penjelasannya.

Kalian boleh cek lagi ke bagian yang tipe-tipe tabungan dari Bank BCA, supaya bisa mengetahui apa tahapan, tahapan xpresi dan tahapan gold.

 Oke kalau misalkan sudah menentukan tipe tabungan yang akan kita ambil, kita klik lanjut, Nah di sini makanya saya kasih tahu tadi bahwa kita memerlukan pulsa untuk SMS ya temen-temen karena ini sms-nya penting banget untuk melakukan verifikasi nomor ponsel.

Selanjutnya kita tinggal ikuti aja step by step-nya karena mengisi formulir untuk membuka rekening tabungan di Bank BCA ini sangatlah mudah ya temen-temen.

Demikian informasi mengenai syarat dan cara membuka rekening BCA secara online, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Posting Komentar untuk "Syarat dan Cara Membuka Rekening BCA Secara Online"