Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan-Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Terkait Pinterest

Pertanyaan-Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Terkait Pinterest - Pada tulisan ini saya akan menjelaskan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait dengan Pinterest. Kita tahu pengetahuan orang berbeda antara satu dan lainnya, maka dari itu penting kita untuk menyamakan pengetahuan dasar terkait dengan Pinterest.

Nah, tidak perlu memperpanjang mukaddimah, di bawah ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan teman-teman baik di YouTube dan Telegram. 


FAQ:

Apa itu Pin Pinterest?

Pin adalah bookmark yang digunakan oleh orang-orang untuk menyimpan ide yang mereka sukai di Pinterest. Pin dapat berupa gambar, video, atau produk. Dengan mengeklik Pin, Anda dapat mengunjungi situs web untuk mempelajari cara membuatnya atau tempat membelinya.

Pin Pinterest

Apa itu Papan Pinterest?


Papan adalah tempat Anda menyimpan pin atau bisa dikatakan seperti playlist atau daftar. Anda dapat membuat papan baru dari profil Anda atau saat Anda menyimpan pin. Papan Pinterest adalah yang ditadai pada garis merah.

Papan Pinterest


Berapa batas maksimal upload/posting Pin Pinterest dalam sehari ? 

Saya akan jawab berdasarkan pengalaman saya pribadi dalam membangun Akun Pinterest. Sejauh ini saya belum menemukan informasi resmi dari Pinterest berapa batas maksimal untuk upload/posting Pin Pinterest. 

Saya biasanya dalam sehari mengupload/posting Pin itu sebanyak 50 Pin atau bisa lebih. Sejauh ini beberapa akun Pinterest saya aman-aman saja.


50 Pin itu sekali upload atau di waktu tertentu?

Kalau saya biasanya satu-satu uploadnya secara manual, yang penting siapkan dulu gambar atau videonya.


Apakah ke 50 Pin itu diberikan link atau tautan?

Kalau saya pribadi iya, 50 Pin semuanya diberikan link.


Apakah lebih baik buat Pin dalam bentuk gambar atau video ?

Menurut saya dua-duanya bagus, masing-masing bisa berpotensi menghasilkan banyak Klik Keluar.

Perbandingan Pin Gambar dan Pin Video

Dari gambar di atas bisa dilihat bahwa Pin Video mendapatkan 1.190 Tayangan dan 61 Klik Pin, Disimpan 5 sedangkan Pin Gambar mendapatkan 16.780 tayangan , 532 Klik Pin dan 5 Disimpan. Dari situ kita bisa tahu bahwa video dan gambar memiliki kesempatan untuk bisa memiliki tayangan, klik Pin dan disimpan.


Apakah jumlah Follower ngaruh terhadap jumlah tayang dan klik keluar?

Menurut pengalaman saya tidak berpengaruh, karena Follower yang sedikit bisa menghasilkan jutaan  jam tayang dan ribuan klik keluar dalam sebulan. Cek Akun Pinterest Motif Keramik di bawah ini:


jumlah tayangan dan follower Pinterest Motif Keramik


Bagaimana cara setting Pinterest agar dapat pengunjung dari luar negeri?

Caranya gampang setting akun Pinterest menggunakan Bahasa Inggris, kemudian buat Keyword atau Judul dan Deskripsi Pin menggunakan Bahasa Inggris atau sesuaikan dengan bahasa negara yang dituju.


Darimana sumber gambar atau video yang akan dijadikan Pin Pinterest?

Sumbernya bisa dari Shopee itu sendiri, untuk kasus promosi produk Affiliate Shopee, sumber lain bisa dari foto pribadi, atau bisa dari Instagram, Facebook, Google dan media lainnya.


1 PC/Laptop bisa aman bikin berapa akun Pinterest?

Selama ini saya menggunakan 1 PC, namun saya menggunakan beberapa email dan aplikasi Chrome untuk menggunakan Pinterest, dan sejauh ini aman-aman saja tidak masalah.


Cara Spam Adsterra ke Pinterest?

Saya pribadi tidak suka dengan Spam, Spam bagi saya itu mengganggu, tanya kembali kepada dirimu, apabila kamu diberikan link Spam, apakah kamu akan mengklik kembali link tersebut atau berkunjung kembali ke akun tersebut?

Jawabannya ada sama kamu. Mau Spam atau tidak?


Bagusnya upload Pin dengan tema/niche campur-campur atau fokus di satu tema?

Menurut saya untuk akun Pinterest baru, sebaiknya fokus di satu tema/niche, nanti kalau sudah punya jutaan tayangan dan follower yang banyak, silakan dibuat campur-campur.


Kalau disatu tema/niche akun Pinterest tidak naik-naik jumlah tayangnya, apakah boleh ganti tema?

Silakan ganti tema, saya pernah mengalami hal ini, karena tema yang pertama jumlah tayangan tidak naik-naik, saya ganti dengan tema lain, Alhamdulillah setelah diganti jam tanyang naik.


Sudah bikin Pinterest niche fashion muslim dan muslimah. Viewnya cukup lumayan, tapi klik keluar nya masih minim. Ada sarankah agar klik keluarnya banyak?

Menurut saya kalau jumlah view/tayangnya sudah lumayan namun klik keluarnya masih sedikit, berarti kita butuh perbaiki Copywritingnya atau Call to Actionnya (CTA) agar orang bisa tertarik untuk mengklik produk yang kita promosikan di Pinterest.

Cara mendapatkan banyak traffic dari Pinterest?

Caranya yaitu dengan riset kata kunci, baik itu riset di Pinterest ataupun di Google. Setelah dapat kata kunci yang banyak di cari, selanjutnya adalah membuat Pin di Pinterest, untuk penjelasan lebih lanjut silakan cek di artikel: Cara Mendapatkan Traffic dari Pinterest (Lengkap dengan Studi Kasus)

Pin Anda telah dinonaktifkan - Laporan Pelanggaran Hak Cipta

Sebenarnya maksud pesan ini adalah Pin Anda telah dinonaktifkan artinya adalah musik yang ada pada Pin atau postingan kita dihilangkan/tidak ada musiknya lagi. Untuk Pin sendirinya masih ada, masih bisa dilihat dan di klik oleh kita ataupun orang lain.

Info yang masuk ke email seperti ini:

Pin Anda telah dinonaktifkan - Laporan Pelanggaran Hak Cipta

Pin Anda telah dinonaktifkan - Laporan Pelanggaran Hak Cipta


Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan info di atas karena Pinterest kamu aman kok, enggak dihapus sama pihak Pinterest .

Sebenarnya di Akun Pinterest itu sendiri juga ada notifikasi yang terletak sebelah sudut kanan atas yang tulisannya notifikasi, dan bentuknya Lonceng. Gambarnya seperti di bawah ini:

Notofikasi dari Pinterest











Posting Komentar untuk "Pertanyaan-Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Terkait Pinterest"