Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Traffic dari Pinterest (Lengkap dengan Studi Kasus)

Cara Mendapatkan Traffic dari Pinterest (Lengkap dengan Studi Kasus)


Cara Mendapatkan Traffic dari Pinterest (Lengkap dengan Studi Kasus) - Saya ingin menceritakan awal mula kenapa saya bisa terjun ke dunia Pinterest. Sebelumnya, saya focus promosi produk Shopee lewat YouTube. Selanjutnya video YouTube saya, saya promosikan lewat Pinterest.

Alhasil, setelah saya analisis traffic YouTube ternyata ditemukan sebagian traffic eksternal berasal dari Pinterest. Nah dari situ saya kepikiran untuk memanfaatkan traffic Pinterest ke YouTube.

Sumber Traffic Youtube dari Pinterest
Sumber Traffic Eksternal 

Begitulah kira-kira latar belakang, kenapa bisa terjun ke dunia Pinterest untuk mendapatkan traffic ke Youtube, Blog dan Shopee Affiliate.

Karena tulisan ini membahas Studi Kasus, Saya akan menampilkan salah satu akun Pinterest yang Bernama Motif Keramik.

Kemudian nanti kita coba Buat Akun Pinterest baru untuk melihat apakah cara saya membangun Pinterest untuk traffic ke Blog, YouTube dan Shopee Affiliate  ini dapat diduplikasi pada akun Pinterest lainnya.

Untuk mendapatkan traffic Pinterest tentu kita harus membuat akun pinterest. Setelah itu membuat Pin dan Papan Pinterest.

Menurut saya, sebenarnya letak kunci membangun akun Pinterest itu ada pada Pin dan Papan Pinterest itu sendiri.

Tapi sebelum kita berbicara Panjang lebar terkait dengan cara mendapatkan traffic lewat Pinterest, ada baiknya kita tahu apa sih sebenarnya Pinterest, Pin dan Papan.

Pengertian Pinterest, Pin dan Papan

Pengertian Pinterest, Pin dan Papan

Pinterest adalah mesin pencari visual yang digunakan untuk menemukan gambar-gambar atau ide-ide sesuai dengan apa yang kita cari, misalnya motif keramik, desain pagar rumah, outfit hijab, model rambut dan lain sebagainya.

Sedangkan Pin adalah penanda visual yang digunakan orang untuk menyimpan konten yang disukai. Kita dapat membuat Pin berupa gambar dan video.

Papan adalah tempat kita menyimpan Pin. Kalau di YouTube ada namanya playlist, jadi Papan ini mirip dengan Playlist yang tujuanya untuk menyimpan Pin dengan tema yang sama, bertujuan memudahkan kita untuk melihat tema-tema dari Papan tersebut.

 

Studi Kasus Pinterest

Pengenalan Akun Pinterest Saya (Studi Kasus)

Akun Pinterest Motif Keramik


Perkenalkan ini akun Pinterest saya, namanya Motif Keramik, kenapa namanya Motif Keramik, sebenarnya ini nyambung sama penjelasan saya di atas terkait bagaimana saya mempromosikan produk Shopee Affiliate lewat YouTube, dan nama Channel YouTube saya itu Motif Keramik.

Alhamdulillah, Pinterest Motif Keramik pernah mencapai 1 juta tayangan perbulan, dan sekarang kalau dilihat sudah turun menjadi 848 ribuan (Cek gambar di atas)

Dalam dunia perblogan, peryoutuban, tayangan itu biasa naik turun sama seperti bisnis juga ada naik dan turunnya, kadang-kadang produknya terjual 1000 pcs, besoknya cuma terjual 500 pcs, begitulah dunia bisnis.

Pin

Nah, di atas sudah disebutkan Pin, Pin di akun Pinterest Motif Keramik ini sampai 1.309 Pin (pertanggal tulisan ini dibuat yaitu, 08 November 2023)

Jumlah Pin Pinterest

Papan

Sedangkan jumlah Papan Pinterest pada akun ini berjumlah 22 Papan (pertanggal tulisan ini dibuat yaitu, 08 November 2023)

 

Jumlah papan pinterest

Selanjutnya kita akan membahas terkait dengan Analitik dari Akun Pinterest Motif Keramik di bawah ini:

Tayangan

Jumlah tayangan pinterest perbulan

Dari gambar grafik atau analitik di atas, saya ingin menyampaikan bahwa jumlah tayangan selama 30 hari adalah sebesar 884 ribu. Sedangkan keterlibatan sekitar 23 ribu dan Jumlah Klik Keluar sekitar 1 ribu.

Kalau saya pribadi yang sering saya perhatikan adalah jumlah tayangan. Biasanya semakin besar tayangan maka peluang Keterlibatan dan Klik keluar semakin banyak.

Biasanya yang saya pantau itu adalah Tayangan dan Klik Keluar, dan yang paling saya cek adalah Klik Keluar.

Kenapa klik keluar? Karena Klik keluar adalah klik yang mengarah ke link Blog, YouTube dan Shopee Affiliate. Semakin banyak Klik keluar, maka peluang traffic ke Blog, YouTube dan Shopee Affiliate maka banyak juga.

Semakin besar traffic Blog, YouTube dan Shopee Affiliate, maka semakin besar Uang yang kita dapatkan.

Klik Keluar

 

Jumlah Klik Keluar

Pada gambar di atas kita bisa melihat bahwa rata-rata Klik Keluar perharinya sekitar 35 kali. Kelihatan sedikit ya? 

Tapi bayangkan jika kita punya 10 akun Pinterest dengan rata-rata Klik Keluarnya sebanyak 35 kali perhari, jadi kalau 35 x 10= 350 kali perhari total Klik keluar, kalau sebulan 10.500 kali Klik Keluar.

Dengan total Klik Keluar seperti itu, peluang kita akan semakin besar untuk mendapatkan uang atau komisi dari Shopee Affiliate. 

Di bawah ini saya mau tunjukkan hasil dari Klik Keluar Pinterest ke Shopee Affiliate per tanggal 06 November 2023.

 

Klik Keluar Pinterest ke Shopee Affiliate
Bukti Laporan Klik Dari Pinterest 1
 
Klik Keluar Pinterest ke Shopee Affiliate
Bukti Laporan Klik Dari Pinterest 2

Klik Keluar Pinterest ke Shopee Affiliate
Bukti Laporan Klik Dari Pinterest 3

Klik Keluar Pinterest ke Shopee Affiliate
Bukti Laporan Klik Dari Pinterest 4

Dan hasil dari Klik Keluar Pinterest ke Shopee Affiliate dalam seminggu bisa menghasilkan Komisi sebagai berikut:

Komisi Shopee Affiliate

Demikian cara saya mendapatkan traffic dari Pinterest ke Shopee Affiliate, semoga bermanfaat, kita ketemu di postingan lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Traffic dari Pinterest (Lengkap dengan Studi Kasus)"