Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mendapatkan Traffic Organik Dari Pinterest Ke Blog YouTube dan Shopee Affiliate

Bagaimana Cara Mendapatkan Traffic Organik Dari Pinterest Ke Blog YouTube dan Shopee Affiliate


Bagaimana Cara Mendapatkan Traffic Organik Dari Pinterest Ke Blog YouTube dan Shopee Affiliate - Pada kesempatan ini Saya akan sharing cara bagaimana mendapatkan traffic pinterest ke Youtube, Blog dan Shopee Affiliate.

Sebenarnya cara mendapatkan trafficnya sama saja antara YouTube, Blog dan Shopee Affiliate. Tapi nanti lebih fokus ke Shopee Affiliate dan Ke YouTube.

Namun, sebelum masuk ke pembahasan traffic, ada baiknya kita kenalan dulu dengan Pinterest.

Apa itu Pinterest?

Menurut saya pribadi Pinterest adalah salah satu mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex yang lebih fokus ke visual seperti gambar dan video.

Kamu dapat mengetikkan kata kunci ke dalam bilah pencarian pada bagian atas halaman, dan Pinterest akan menampilkan berbagai hasil.

Misalnya Saya ketik Roster Dinding, maka Pinterest akan menampilkan berbagai Kata Kunci yang berkaitan dengan Roster Dinding. Misal salah satunya adalah Kata Kunci Roster Dinding Pagar dan seterusnya.

 

Kata Kunci

Setelah kita ketik Roster Dinding dan tekan enter, maka akan tampil gambar atau disebut Pin yang berhubungan dengan Roster Dinding. Hasilnya seperti di bawah ini:

 

Hasil Pencarian dari kata kunci

Cara Mendapatkan Traffic dari Pinterest

Langkah -  Langkah untuk mendapatkan traffic dari Pinterest adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Kamu perlu membuat akun Pinterest Bisnis, kenapa akun Pinterest Bisnis? Dipostingan lain akan Saya jelaskan manfaat dari Pinterest Bisnis!

Silakan klik di sini: https://business.pinterest.com/id/  untuk mendaftar Akun Pinterest Bisnis. Ada 3 Pilihan mendaftar akun Pinterest Bisnis yaitu bisa dengan email, akun google dan akun Facebook.

Saran saya gunakan saja Akun Google, karena menurut saya dengan akun Google kita tidak perlu ribet karena tidak harus konfirmasi ke email. Tapi saya serahkan kembali ke kamu nyamannya pakai apa.

Daftar Akun Pinterest Bisnis

Saya daftar pakai Akun Google, setelah saya klik Continue with Google, maka tampilannya seperti di bawah ini, dan jangan lupa isi tanggal, bulan, tahun lahir kamu, kemudian Klik Create Account.

 

Daftar Pinterest Bisnis

Setelah klik Create Account, maka tampilannya seperti ini:

 


Selanjutnya Klik tulisan arifin1130 (Hanya Contoh) Sebagai informasi nama Arifin1130 itu otomatis dibuat Pinterest tapi kita ganti lagi sesuai dengan keinginan kita.

 

Ubah Akun dari Personal Ke Bisnis

Pada gambar di atas yang ada panahnya, tertulis Personal, tugas kita sekarang ubah dari personal ke bisnis dengan cara Klik Convert to Business.

 


Setelah klik Convert to Business, maka akan tampil halaman berikutnya (seperti gambar di atas) yang menampilkan perbedaan akun personal dan bisnis. Kamu bisa cek sendiri apa saja perbedaannya. Selanjutnya Klik Upgrade.

 



Selanjutnya, maka akan tampil halaman seperti di atas dan kasih nama Profil kita “Roster Dinding Beton” (hanya contoh), untuk pilihan website (bisa iya atau tidak). Untuk contoh tutorial kali ini saya tidak pakai Website, itu artinya saya pilih No dan pilih negara Indonesia dan Bahasa Inggris. Ini bebas terserah kamu mau pilih negara dan bahasa apa. Selanjutnya klik next.

 

Penjelasan Tujuan Akun Pinterest Kita Di Buata

Setelah Next, maka akan tampil halaman yang isinya nyuruh kita untuk menjelaskan bisnis kita. Contoh: Nama Bisnis Aku tentang Roster Dinding Beton, berarti masuk kategori Home dan tujuan aku pilih 3 jenis yaitu: Sell more product, Drive traffic to your site, dan Create content on Pinterest to grow an audience. 

 


Setelah di klik Next, maka akan tampil halaman yang nyuruh kita menjelaskan kita itu sebagai apa, pada kesempatan ini aku isi “Blogger”.

Setelah di Klik Next, maka akan tampil halaman tentang pertanyaan apakah tertarik memasang iklan di Pinterest, aku pilih tidak tertarik karena aku mau main Pinterest ini mau mendapatkan traffic organik.



 Setelah di Klik Next, maka akan tampil tawaran untuk memulai share pin.

Pin Pinterest

Namun, sebelum share Pin, aku mau ngasih tahu bahwa pada step ini akun kita sudah jadi akun bisnis.

Akun Bisnis Pinterest

Langkah 2: Membuat Pin dan Papan, ini adalah salah satu bagian yang penting untuk mendapatkan traffic dari Pinterest.

Di sini saya akan menggunakan Sedikit Teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk mengoptimasi Pin dan Papan yang kita buat. Bagi kamu yang belum familiar dengan istilah SEO, nanti Saya bahas dipostingan lain.

Namun, sebelum itu ada beberapa hal yang perlu disiapkan seperti diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Gambar atau Video



Gambar atau video bisa diambil di Google, Instagram, Pinterest, lebih baik punya sendiri atau edit sendiri.

2. Kumpulan kata kunci 

Kumpulan kata kunci ini sudah saya bahas di atas, caranya mudah ketik pada menu pencarian Pinterest misalnya Roster Dinding, maka di bawah akan ditampilkan berbagai kata kunci terkait Roster Dinding. Contohnya seperti di bawah ini. 

Kumpulan Kata Kunci

Kata kunci yang tampil itu di Copy, kemudian di Paste ke Microsoft Word ataupun ke Notepad, terserah enaknya dimana. Tapi Saya biasanya di Notepat.

 

Kumpulan Kata Kunci

3. Membuat Pin dan Papan

Selanjutnya membuat PIN dan Papan dari gambar dan Kata Kumpulan Kata Kunci yang sudah dikumpulkan tersebut. Namun sebelum itu, bagi yang kamu yang belum mengerti dengan PIN dan Papan berikut ini penjelasannya.

Pin adalah bookmark yang digunakan oleh orang-orang untuk menyimpan ide yang mereka sukai di Pinterest. Pin dapat berupa gambar, video, atau produk. Dengan mengeklik Pin, Anda dapat mengunjungi situs web untuk mempelajari cara membuatnya atau tempat membelinya. 

Sedangkan Papan adalah tempat Anda menyimpan Pin. Anda dapat membuat papan baru dari profil Anda atau saat Anda menyimpan pin.

Untuk lebih jelasnya berikut cara membuar Pin Pinterest:


Setelah Create Pin, maka tampilan halaman selanjutnya

 


Klik kemudian pilih dimana gambar di simpan

 


Selanjutnya isi Judul, Deskripsi (Dari Kumpulan Kata kunci), Link (Link Shopee atau Link Website).


Selanjutnya tahap membuat Papan atau Board, Pada menu Choose a Board klik tanda panah kebawah, selanjutnya Klik Create Board.

Cara buat Papan Pinterest

Selanjutnya kasih nama Papan atau Board “ Roster Dinding Minimalis” dan Klik Create

 

Nama Papan Pinterest

Selanjutnya, maka akan tampil Nama Papan seperti di bawah ini:

 

Nama Papan Pinterest

Selanjutnya ini bagian yang penting juga yaitu Taq, cara buat Taq ketik saja Home, karena roster adalah bagian dari Rumah, maka akan tampil pilihan Taq terkait rumah dan pilih sesuai kebutuhan saja.

 

Cara buat Taq Pinterest

Setelah ini Klik Publish.

 

Publish PIN

Setelah itu, kita bisa melihat tampilan Pin kita seperti di bawah ini:

Pin Pinterest


Selain itu, kita bisa juga melihat tampilan Papan Pinterest yang sudah kita buat tadi, yang tampilannya seperti di bawah ini:

 

Papan Pinterest

Untuk Papan dan Link yang Saya tandai di atas tersebut adalah satu satu RAHASIA Optimasi SEO Pinterest yang akan kita bahas di Postingan lainya, tunggu saja tanggal mainnya he he.

Terakhir, saya mau kasih Screenshot atau Bukti bagaimana saya bisa mendapatkan Traffic Organik dari Pinterest ke Blog, Youtube dan Shopee Affiliate.

Traffic Organik Dari Pinterest Ke Blog YouTube dan Shopee Affiliate


Video Tutorial Cara mendapatkan traffic organik dari pinterest dan cara optimasinya

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mendapatkan Traffic Organik Dari Pinterest Ke Blog YouTube dan Shopee Affiliate"