Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Kartu Kredit Untuk Pemula

Cara Menggunakan Kartu Kredit Untuk Pemula

Cara Menggunakan Kartu Kredit Untuk Pemula - Pada dasarnya kartu kredit dan kartu ATM itu berbeda ya teman-teman kalau misalnya kita bertransaksi dengan menggunakan kartu ATM maka transaksi tersebut akan memotong saldo di tabungan kita.

Jika tabungan kita tidak ada saldonya, maka transaksi tersebut tidak akan berjalan. Transaksi menggunakan kartu kredit tidak melihat Apakah kita mempunyai uang di tabungan ataupun tidak.

Karena bank akan membayarkan transaksi tersebut terlebih dahulu, Jadi pada dasarnya kita akan berhutang kepada bank setelah jatuh tempo baru kita membayarkan hutang tersebut kepada bank.

salah satu guna dari kartu kredit adalah membantu kita dalam mengatur keuangan dengan jauh lebih baik .

Selain itu kita juga bisa menggunakan kartu kredit untuk keperluan dana darurat ya teman-teman, jika kita sudah memiliki kartu kredit tapi bingung Cara pakainya kayak gimana?

Caranya adalah Hal pertama yang kita perlu lakukan ketika menerima Kartu Kredit adalah melakukan aktivasi kartu kredit.

Soalnya ketika kita menerima kartu kredit  dari kurir kita tidak bisa langsung menggunakannya, kita harus melakukan aktivasi kartu kredit terlebih dahulu.

Cara untuk aktivasi nya juga gampang banget ya teman-teman kalian diberikan beberapa pilihan, kita bisa melakukan aktivasi melalui SMS ataupun melalui internet banking.

Kita bisa pilih salah satu cara yang paling sesuai dengan gaya kita, setelah kartu kredit aktif kita harus memahami 2 tanggal penting di kartu kredit sebelum bisa menggunakannya dengan lebih baik.

Ini sangatlah berguna untuk menghindari yang namanya denda keterlambatan ya temen-temen.


Dua tanggal penting pada kartu kredit:


1.  Tanggal cetak tagihan

Tanggal cetak tagihan adalah tanggal pembukuan tagihan kita.


2. Tanggal jatuh tempo

Tanggal jatuh tempo adalah tanggal terakhir di mana kita harus membayar tagihan dari kartu kredit tersebut.


Semua kartu kredit pasti mempunyai kedua tanggal ini, kita dapat melihat yang namanya tanggal cetak tagihan dan tanggal jatuh tempo dari kartu kredit mu, di lembar tagihan.

Lembar tagihan ini akan dikirimkan setiap bulannya ke alamat rumah ataupun alamat email yang telah kita informasikan kepada pihak perbankan.

Admin  merekomendasikan untuk kita menerima lembar tagihan ini melalui alamat email saja ya teman-teman.

Karena selain  terdokumentasi dengan lebih baik, kita juga bisa menjaga lingkungan kita karena mengurangi penggunaan kertas.


Contoh Lembar Tagihan Dari Kartu Kredit 

Contoh Lembar Tagihan Dari Kartu Kredit


Pada gambar di atas yang kotak merah ditulis Tanggal Cetak, maksudnya ialah tanggal cetak tagihan yaitu tanggal 01 April 2017 sedangkan Tanggal jatuh tempo tertulis tanggal 21 April 2017.

Tanggal cetak tagihan itu umumnya selalu sama setiap bulan, Jadi kalau misalkan bulan ini 01 April bulan depan juga akan jatuh di tanggal 01 Mei dan begitu juga dengan tanggal jatuh tempo kalau misalkan tertera 21 April, maka tanggal jatuh tempo berikutnya adalah tanggal 21 Mei.

Jadi disini kita bisa lebih paham ya tentang tanggal cetak tagihan dan tanggal jatuh tempo.

Perlu kita tekankan bahwa kepada setiap pemilik kartu kredit pemula bahwa menerima lembar tagihan itu sangatlah penting.

Jika kita sudah punya kartu kredit namun belum menerima lembar tagihannya langsung aja telepon ke call center debit kartu kredit milik kita biasanya nomor dari Cs nya itu dicetak di belakang kartu.

Nanti kalau kita sudah menerima lembar tagihan mu secara rutin, kita perlu memeriksa lembar tagihan tersebut secara disiplin, dan kita juga harus melunasi seluruh tagihan tersebut sebelum tanggal jatuh tempo.

Dengan begitu kita bisa mendapatkan pinjaman dari bank dengan bunga 0% dari yang namanya bunga dan denda keterlambatan.

Oke mungkin segitu dulu aja artikel tentang cara menggunakan kartu kredit untuk pemula, semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua.


Posting Komentar untuk " Cara Menggunakan Kartu Kredit Untuk Pemula"