Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Cara Dan Tips Buat Kartu Kredit 100% Di Acc

 

Tahapan Cara Dan Tips Buat Kartu Kredit 100%
Tahapan Cara Dan Tips Buat Kartu Kredit 100% Di Acc - Bagi sebagian orang kepemilikan kartu kredit sangatlah membantu mereka dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Misalnya saja untuk memenuhi kebutuhan dana darurat pinjaman dengan bunga rendah atau untuk membangun riwayat kredit.

Artinya kita bisa lebih mudah untuk mendapatkan cicilan kendaraan bermotor dan kredit, Selain itu kartu kredit juga banyak memberikan promo dan diskon, serta berbagai keuntungan lainnya yang tidak akan kita dapatkan di kartu ATM.


Bagaimana caranya membuat kartu kredit?

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kartu kredit: 


a. Berusia minimal 21 tahun 

Usia harus minimal 21 tahun, ini adalah aturan dari Bank Indonesia, agar orang-orang yang memegang kartu kredit itu di rasa memiliki tanggung jawab yang cukup untuk bisa menggunakannya dengan benar.


b. Mempunyai KTP dan NPWP 

Orang yang punya kartu kredit itu harus mempunyai penghasilan temen-temen, karena itu penting banget untuk memiliki penghasilan NPWP teman-teman.

Karena sekarang buat NPWP udah mudah banget, kita bisa apply secara online langsung masuk aja ke portalnya DJP online dan di sana Kita bisa membuat NPWP secara online.

Jadi buat Kita yang sudah mempunyai penghasilan dan ingin membuat kartu kredit, silakan langsung buat NPWP sekarang. Supaya nantinya Kita bisa membuat kartu kredit pertama milik Kita.

Lalu syarat dokumen yang berikutnya, ini bergantung dari pekerjaan Kita, misalkan saja kita itu bekerja sebagai pegawai.

Kita perlu memberikan slip gaji dari perusahaan tempat Kita bekerja, tetapi kalau Kita bekerja sebagai wiraswasta atau sebagai pengusaha.

Kita cukup memberikan bukti rekening koran selama 3 bulan terakhir, jadi nggak ada masalah Kita mau bekerja di kantoran atau bekerja di usaha sendiri.

Selama Kita memiliki penghasilan, Kita bisa memiliki kartu kredit.


c. Memiliki penghasilan 

Setiap kartu kredit itu syarat penghasilannya beda-beda, untuk pemula itu rata-rata penghasilannya adalah Rp3.000.000.

Jadi  gaji dibawah UMR, tapi ada juga beberapa kartu kredit yang syarat lebih  dari itu. Misalnya aja kartu kredit Mandiri SKYZ yang syarat penghasilan minimal nya adalah Rp5.000.000.

Lalu ada kartu kredit Mandiri platinum yang syarat minimal penghasilan nya adalah 10 juta rupiah.

Tetapi ada juga nih teman-teman kartu kreditnya tanpa syarat yaitu kartu kredit Mandiri prioritas hanya diberikan untuk nasabah nasabah Mandiri terpilih.

Jadi orang-orang kaya aja yang bisa memiliki kartu kredit Mandiri prioritas, tentunya kartu kredit ini dimiliki untuk meningkatkan gengsi orang yang memilikinya.

Di setiap bank juga ada kartu kredit yang diberikan khusus hanya untuk nasabah prioritas mereka.

Selanjutnya jika seluruh syarat untuk membuka kartu kredit sudah Kita penuhi, Kita sudah bisa mengajukan kartu kredit pertama Kita.


Tahapan dalam Pengajuan Kartu Kredit


Tiga tahapan dalam pengajuan kartu kredit yang perlu Kita perhatikan, agar nanti pengajuan kartu kredit Kita bisa berhasil.


1. Mengisi formulir

Untuk mengisi formulir ini kita ada beberapa pilihan, yang pertama adalah datang ke kantor cabang penerbit kartu kredit.

Misalkan Kita ingin membuka kartu kredit Bank Mandiri, maka kita datang ke kantor cabang Bank Mandiri untuk meminta kartu kredit.

Kita isi dan selanjutnya Kita berikan kepada petugas kartu kreditnya. Kita juga bisa mengisi formulir melalui sales yang ada di mal-mal atau yang ada di supermarket.

Contohnya seperti Bank Mega, misalkan kita lagi ke Hypermart ataupun Carrefour itu banyak banget sales kartu kredit.

Berikutnya Kita juga bisa mengajukan formulir itu melalui telemarketing, jika Kita mengajukan formulir melalui telemarketing, hampir pasti 90%  kartu kredit Kita itu diterima.

Yang penting waktu di tahapan berikutnya Kita memberikan data yang benar.  Cara terakhir untuk mengisi formulir kartu kredit adalah dengan cara online.

 Kita bisa langsung masuk aja ke website Bank penerbit kartu kredit yang Kita inginkan, contohnya ya adalah digibank ataupun HSBC atau kita juga bisa mengajukan kartu kredit melalui toko online terbaik seperti Tokopedia dan cermati. 

Setelah Kita sudah mengisi formulir ini saatnya kita masuk ke tahap yang ke-2 yaitu tahap verifikasi data.


2.  Tahap verifikasi data 

Pihak Bank akan memeriksa kelengkapan dokumen dan formulir yang telah Kita isi, ini adalah tahapan yang paling penting.

Karena pihak Bank akan menelepon Kita untuk melakukan verifikasi, Apakah Kita sedang mengajukan kartu kredit ataupun tidak?

Dan kalau Kita sudah melakukan konfirmasi kalau Kita sedang dalam tahapan mengajukan kartu kredit.

Pihak Bank akan menanyakan beberapa informasi yang telah Kita isikan di formulir, jadi pastikan Kita sudah mengisi formulir dengan benar dan menjawab dengan jujur.

Sehingga tahapan verifikasi ini bisa Kita lalui dengan mudah, sebaiknya kita harus siap-siap menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal.

Misalkan telepon pihak Bank Kita nggak angkat sebanyak 2 sampai dengan 3 kali, maka pengajuan Kita akan dianggap batal.

Kita harus perhatikan, jadi selama proses pengajuan kartu kredit Kita harus siap-siap menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal.

Selain itu pihak bank juga akan melakukan verifikasi pada keluarga yang tidak tinggal serumah dengan kita.

Pastikan keluarga Kita siap menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal. Misalkan kita  memberikan orang tua, kita perlu kasih tahu orang tua Kita, bahwa nanti setelah 2 minggu ke depan bakalan ada masuk nomor tidak dikenal  untuk melakukan verifikasi kartu kredit.

Kalau keluarga tidak serumah itu juga gagal mengangkat telepon sebanyak 2 sampai dengan 3 kali. Maka pengajuan kartu kredit Kita juga otomatis dianggap batal.

Setelah tahapan verifikasi itu berhasil selanjutnya kita masuk ke Tahap terakhir yaitu menerima dan mengaktifkan kartu kredit.


3. Menerima dan Mengaktifkan Kartu Kredit

Bank akan mengirimkan kartu kredit itu biasanya melalui kurir dalam keadaan inaktif atau pun tidak aktif.

Hal ini dilakukan untuk menjaga diri kita dari resiko pencurian di kartu kredit, perhatikan bahwa biaya pengiriman kurir ini gratis.

Jadi Kita tidak perlu bayar sepeserpun ketika Kita menerima kartu kredit dari kurir. Setelah kita menerima kartu kredit kita bisa mengaktifkan kartu kredit yang telah kita terima melalui SMS ataupun melalui mobile banking.

Nah biasanya di kartu ataupun di surat kartu kredit tersebut ada cara untuk mengaktifkan kartu kreditnya, kita tinggal ikuti aja panduannya dan kalau Kita sudah mengikuti panduannya maka kartu kredit Kita sudah siap untuk digunakan.

Oke itu adalah tahap dan cara untuk membuat kartu kredit sangat mudah ya,  yang pertama Kita tinggal isi formulir, kedua Kita harus siap-siap untuk diverifikasi melalui telepon, dan yang ke tiga Kita tinggal mengaktifkan kartu kredit yang telah Kita Terima. 

Jika seluruh tahapan tersebut sudah Kita lalui, maka kartu kredit kita siap untuk digunakan.


Tips Mengajukan Kartu Kredit Agar Berhasil


Ada beberapa tips yang mungkin bisa Kita gunakan juga agar pengajuan kartu kredit pertama Kita berhasil.


1. Mulai dari Kartu Yang Gampang

Seperti yang sudah disampaikan di atas,  kartu kredit itu levelnya ada banyak ya temen-temen, ada kartu kredit untuk penghasilan 3 juta, ada kartu kredit untuk penghasilan 5 juta, ada kartu kredit untuk menghasilkan 10 juta.

Nah tipsnya adalah untuk kartu kredit pertama Kita,  ambil aja level yang paling rendah yaitu minimal gaji Rp3.000.000. Agar peluang kartu kredit kita diterima itu semakin besar.


2. Apply Kartu Kredit Ditempat Kita Gajian

Kita ajukan Kartu Kredit di tempat gajian, jadi misalkan Kita gajiannya di Bank Mandiri, Kita akan apply kartu kredit nya Bdi ank Mandiri.

Kalau misalkan kita gajian di Bank BCA, maka Kita ajukan kartu kreditnya di BCA,  hal ini untuk memperbesar peluang kita mendapatkan kartu kredit pertama.


3. Jangan Ada Tunggakan di Tempat Lain

Jangan sampai ada tunggakan di tempat lain, seperti pinjaman online ataupun kredit tanpa agunan. karena bank penerbit kartu kredit itu akan memeriksa riwayat kredit kita melalui BI checking ataupun Slik OJK.

Kalau di sana  kelihatan bawa riwayat kredit kita buruk, kecil kemungkinan untuk kita mendapatkan kartu kredit.

Oleh karena itu pastikan Kita tidak ada tunggakan di tempat lain. Nah itulah gambaran cara membuat kartu kredit dari awal sampai dengan akhirnya, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat Kita yang ingin mendapatkan kartu kredit pertama.


Posting Komentar untuk "Tahapan Cara Dan Tips Buat Kartu Kredit 100% Di Acc"