Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Dan Mengaktivasi Shopeepaylater

 

Cara Mendapatkan Dan Aktivasi Shopeepaylater
Cara Mendapatkan Dan Aktivasi Shopeepaylater


Cara Mendapatkan Dan Mengaktivasi Shopeepaylater - Kita bisa mengambil cicilan tanpa kartu kredit di aplikasi shopee, shopeepaylater adalah fasilitas cicilan ketika kita berbelanja di aplikasi shopee, kita bisa mengangsur barang tanpa mempunyai kartu kredit.

Sebenarnya fasilitas shopeepaylater ini sudah diluncurkan oleh shopee sejak tahun 2019,  namun baru sekarang iklannya mulai digadang-gadangkan.

Bahkan saat ini sudah tidak ditemukan lagi akulaku, kredivo ataupun fasilitas pembiayaan lainnya di aplikasi shopee.

Hanya ada  2 cara cicilan yang diperbolehkan di aplikasi shopee yaitu menggunakan shopeepaylater atau menggunakan cicilan dengan kartu kredit.

Kita akan bahas fitur persyaratan, biaya, cara kerja dan cara mengaktifkan shopee paylater di HP kita.

Baik, kita akan masuk pada  pembahasan yang pertama yaitu fitur dari aplikasi shopee paylater.


Fitur  Aplikasi Shopee Paylater

Aplikasi shopeepaylater ini sebenarnya ada 3 yaitu, pertama plafon pinjaman yang diberikan oleh Shopee itu adalah antara Rp 500 ribu dan maksimal Rp 15 juta rupiah.

Nilai yang sangat besar untuk kita berbelanja setiap bulannya, selanjutnya Shopee juga memberikan kita tenor pinjaman selama 1 bulan, 6 bulan atau 12 bulan.

Kita bisa memilih tenor cicilan yang sesuai dengan kondisi keuangan Kita dan Terakhir limit yang telah Kita terima dari shopeepaylater hanya bisa digunakan untuk berbelanja di aplikasi shopee.

Kita tidak bisa mencairkan limit tersebut menjadi uang tunai, ini adalah fitur yang harus Kita ketahui supaya Kita tidak kecewa nantinya.

Jika Kita perlu untuk berbelanja barang sebaiknya gunakan shopeepaylater aja ya teman-teman.

Apalagi syarat untuk mengajukan shopeepaylater sangatlah mudah sekali yaitu:


5 Syarat Untuk Mengajukan Shopeepaylater


1. Warga negara Indonesia 

Kitayakin yang sedang membaca artikel ini adalah warga negara Indonesia 

2. Berusia minimal 17 tahun

Syarat ini jauh lebih rendah persyaratannya dibandingkan pinjaman online lain ataupun kartu kredit yang batas minimal usianya adalah 21 tahun.

Jadi, buat Kita yang masih mahasiswa bisa mengajukan shopeepaylater untuk mengambil cicilan tanpa kartu kredit di aplikasi shopee.

3. Kita harus mempunyai E-KTP

4. Kita harus mempunyai akun Shopee yang berusia minimal 3 bulan teman-teman

5. Mengaktifkan dan verifikasi akun shopeepay Kita

Syarat yang terakhir untuk bisa mendapatkan shopeepaylater adalah mengaktifkan, verifikasi akun shopeepay Kita.

Shopeepay ini adalah dompet elektronik dari aplikasi shopee seperti Gopay, Ovo ataupun dana. Jadi fungsinya mirip banget teman-teman.

Demikian penjelasan lima syarat untuk Kita bisa mendapatkan fasilitas shopeepaylater sehingga pada akhirnya Kita bisa mengambil cicilan tanpa kartu kredit di aplikasi shopee.


Biaya Saat Menggunakan Aplikasi Shopeepaylater


Mengenai biaya-biaya yang akan dikenakan kepada Kita yang menggunakan aplikasi shopee paylater ada 3 biaya ya perlu kita ketahu.

1. Bunga 2,95 %

Bunga yang besarnya minimal 2,95% setiap bulannya, jadi kalau misalnya kita pinjam sebesar Rp 1 juta maka kita akan dikenakan bunga sebesar Rp 29.500.

2. Biaya Penanganan Sebesar 1%

Sejak tahun 2020 shopee mengenakan biaya penanganan sebesar 1% setiap transaksinya, jadi ketika tadi Kita membayar cicilan sebesar Rp 1 juta, Kita akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000.

Sehingga besarnya biaya administrasi dan bunga yang akan dikenakan kepada kita adalah 3,95% atau Rp 39.500 setiap Rp1 juta yang kita pinjam.

Dan yang terakhir apabila terlambat kita akan dikenakan biaya sebesar 5% dari Total tagihan, Nah kan bisa melihat bahwa denda keterlambatannya ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bunganya.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan sampai terlambat saat melakukan pembayaran cicilan di aplikasi shopee.


Cara Kerja Shopeepaylater


Berikutnya adalah cara kerja, mungkin beberapa dari Kita penasaran bagaimana sih cara kerja dari shopeepaylater?

Cara kerja dari shopeepaylater itu sebenarnya sangat mudah sekali, pada awalnya kita akan diberikan limit oleh shopee untuk bisa berbelanja dengan cara cicilan di aplikasi shopee.

Selanjutnya limit ini akan berkurang ketika kita menggunakannya untuk berbelanja contoh Nih misalnya kita diberikan limit awal sebesar Rp 5 juta, maka Kitabisa Kredit barang yang penting total belanja Kitapada bulan tersebut adalah Rp5.000.000.

Misalkan kita beli HP yang harganya Rp 3 juta,  maka kita masih punya sisa limit Rp 2 juta lagi.

Misalnya kita mau belanja mic yang harganya Rp500.000, Nah itu masih bisa teman-teman karena harga dari kedua barang tersebut totalnya baru tiga setengah juta.

Dan Kita masih mempunyai limit Rp 1,5 juta lagi, yang bisa kita belanjakan, jadi pesan Kitasatu Kita cukup berbelanja sesuai dengan kebutuhan Kita aja.

Karena pada akhirnya Kita harus melunasi pinjaman ini ya teman-teman karena Kita membeli barang tersebut dengan uang Kita sendiri tapi dengan uang pinjaman.

Jadi sebenarnya shopeepaylater dan kartu kredit itu skemanya sangat mirip sekali 

Oke di atas sudah dijelaskan tentang Apa itu shopeepaylater, syarat-syarat, fitur dan cara kerjanya, sekarang kita akan belajar bagaimana sih cara mengaktifkan shopee paylater di HP Kita.

Namun, Kita juga perlu menyiapkan KTP agar nantinya proses pendaftaran bisa berlangsung dengan lancar.

Ok, kalau Kita sudah menyiapkan HP Kita, dan sudah menyiapkan KTP, Kita langsung  download Shopee di handphone kita.


Cara Aktivasi Shopeepaylater


Berikut cara mengaktifkan shopee paylater untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp 15.000.000.


1. Klik menu Kita– Shopeepaylater

Buka aplikasi Shopee kemudian klik menu Saya, selanjutnya pilih menu Shopeepaylater.


2. Klik tombol Aktifkan Sekarang


Kemudian akan muncul halaman shopeepaylater, klik tombol Aktifkan Sekarang untuk melanjutkan.

Ada beberapa keuntungan yang akan Kita dapatkan ketika menggunakan Shopeepaylater  seperti beli sekarang bayar nanti, program cicilan sampai dengan 12 bulan dan peningkatan limit yang mudah.

Jadi semakin sering Kita menggunakan Shopeepaylater, maka semakin tinggi juga limit yang diberikan oleh Shopee kepada Kita.

Cara kerja shopeepaylater juga tadi sudah dijelaskan bahwa Kita akan diberikan tanggal tagihan dan tanggal jatuh tempo.

Jadi mirip banget dengan kartu kredit dan Admin sudah pernah juga jelasin tentang konsep ini, yaitu tentang cara menggunakan kartu kredit untuk pemula (Konekan ke artikel tentang kartu kredit)

Jadi ingin menggunakan Shopeepaylater atau Kita ingin mengajukan kartu kredit boleh baca artikel tentang cara menggunakan kartu kredit untuk pemula.


3. Verifikasi No Handphone


Selanjutnya kita akan diminta untuk memasukan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor handphone kita.

Oke kalau misalnya Kita sudah sampai disini kita langsung klik aktifkan sekarang, nah shopee akan mengirimkan OTP kepada nomor handphone kita, kita klik oke aja, kemudian disini Kita perlu melihat bahwa kode verifikasi OTP akan dikirimkan melalui WhatsApp kepada Kita.

Jadi kita langsung buka aja WhatsApp kita masing-masing, Oke kalau misalkan Kita sudah mengecek WhatsApp Kita dan sudah menerima OTP dari shopee kita langsung masukin aja ke kolom yang sudah disediakan. Kemudian Klik Lanjut.


4. Unggah foto KTP serta foto diri beserta KTP Kita

Unggah  foto diri beserta KTP kita. Nomor KTP dan wajah harus terlihat jelas dalam foto. Selanjutnya silahkan pilih tanggal jatuh tempo antara tanggal 5 atau 25.


Nah untuk mengaktifkan Shopeepaylater Kita,  Kita harus upload KTP teman-teman, siapkan  KTP terlebih dahulu, kemudian langsung Kita foto aja dan sesuaikan posisinya.  

Shopee akan langsung membaca, Kita bisa melihat nama Kita dan kita lihat bisa lihat NIK Kita, kalau misalnya Kita sudah sesuai informasinya, kita langsung klik lanjut.

“Harap periksa ulang bawa informasi pribadimu telah sesuai sebelum konfirmasi”, selanjutnya kita memberikan informasi tambahan kepada shopee supaya nantinya shopee bisa melakukan verifikasi.

Kita Masukkan nama ibu kandung, jadi kita cek lagi dari atas kita masukkan personal info dan 2 kontak darurat ya teman-teman.

Isi juga nama istri Kita dan nomor ibu Kita, kalau misalnya sudah kita langsung klik lanjut aja.

Utuk layanan pengiriman instan yang akurat dan tepat waktu shopee perlu mengambil data lokasi mu izinkan shopee mengakses lokasi agar dapat memberikan pelayanan terbaik untukmu.

Jika ada pesan begitu, Kita kasih izin, Shopee yang lagi memproses informasi tambahan yang telah kita berikan ya temen-temen.



5. Tunggu verifikasi diterima

Selesai! Kita telah berhasil mengaktifkan ShopeePayLater & mendapatkan pinjaman. Kini, Kita dapat menggunakan pinjaman tersebut untuk berbelanja dengan bunga mulai dari 0%.

Terakhir kita akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah, informasi kita akan dilindungi oleh syarat layanan dan kebijakan privasi masing-masing pihak mematuhi peraturan dari otoritas terkait dalam hal ini OJK ya teman-teman.

Pastikan wajahmu dapat terlihat jelas dan kita mulai verifikasi wajah tadi kita diminta berkedip kita berkedip aja dan verifikasi sedang diproses.

Mohon tunggu oke izinkan lagi ini sedang menunggu loading ya teman-teman, kita tunggu aja loadingnya cuma sebentar kok .

Oke selamat aktivasi berhasil mendapatkan 6 juta limit belanja sekarang dan bayar bulan depan.

Jadi Kita bisa lihat bahwa proses registrasi untuk kita bisa mendaftar di shopeepaylater itu nggak sampai 5 menit temen-temen.

Kita hanya di minta KTP dan beberapa informasi tambahan dan Kita langsung diberikan limit yang sangat besar Seperti yang Kita sampaikan tadi.

Selanjutnya setelah Kita diberikan limit Kita akan memilih tanggal jatuh tempo disini kita lihat bahwa Ingatkan tanggal jatuh tempo.

Setiap bulan pada tanggal 25, Kita akan memilih tanggal 25 ya teman-teman, karena pada tanggal itu adalah tanggal di mana Kita telah menerima gaji Kita, baik dari Blog, YouTube ataupun dari kantor Kita.

Terus klik konfirmasi, Oke jadi limit Kita adalah Rp6.000.000 dan Kita bisa berbelanja berapa banyak pun yang penting pada bulan tersebut kurang dari 6 juta.

Demikianlah Cara mendapatkan dan aktivasi Shopeepay Later, kita dapat mengambil cicilan tanpa kartu kredit di aplikasi shopee.

Semoga informasi Cara mendapatkan dan aktivasi Shopeepay Later ini dapat bermanfaat untuk Kita.


Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Dan Mengaktivasi Shopeepaylater"