Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih dan Membeli Cincin Emas

Tips Memilih dan Membeli Cincin Emas
Tips Memilih dan Membeli Cincin Emas


Tips Memilih dan Membeli Cincin Emas - Cincin adalah aksesoris yang melingkar pada jari dan sering kita jumpai pada kaum wanita, cincin memiliki berbagai jenis bentuk dan juga ukuran. Maka dari itu perlu diperhatikan bagaimana cara memilih dan membeli cincin tersebut agar cocok untuk dipasang di jarimu dan sesuai dengan harga dan kualitasnya.

Tips Memilih Cincin Untuk Jari Besar

Tips Memilih Cincin Untuk Jari Besar

Saat kamu memilih cincin, tentu kamu ingin cincin itu terlihat cantik di jarimu, maka dari itu saat memilih cincin perlu menyesuaikan dengan ukuran, bentuk dan perlu juga menyesuaikan jenis permata yang ada pada cincin dengan jari kamu.

Bagaimana bentuk cincin yang tepat sesuai dengan jari tangan kamu? Yuk simak ulasan singkat tips memilih cincin untuk jenis-jenis jari tanganmu di bawah ini:


Telapak tangan pendek dengan jari besar

Telapak tangan pendek dengan jari besar

Salah satu syarat untuk membuat bentuk tangan kamu terlihat proporsional ialah dengan sedikit menampakkan kulit tangan kamu. Pilih batu permata yang berpotongan asimetris guna mengurangi besar jarimu.

Cincin yang ukurannya besar lebih cocok untuk jari besar, dibandingkan dengan bentuk cincin yang ukurannya kecil. Dengan cincin yang ukurannya besar dapat membuat jari besar tampak lebih ramping. 


Jari kecil dan ramping

Jari kecil dan ramping

Cincin yang bentuknya datar bagus dipakai pada jari tangan yang kecil.  Jari yang ramping cocok memakai cincin yang punya desain diagonal, dengan memakai cincin desain diagonal akan memberi kesan lebar.


Jari yang panjang

Jari yang panjang


Pada jari panjang disarankan memakai cincin yang berbentuk kembang atau model cinci yang lebar, fungsinya ialah untuk mengisi kekosongan pada jarimu.

Nah, demikianlah penjelasan singkat tentang tips memilih cincin sesuai dengan jenis jarimu. Namun, ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkain cincin.


Cara Memilih Cincin Emas Yang Bagus

Dewasa ini untuk mendapatkan emas terbilang lebih mudah daripada dulu, ada banyak produk yang ditawarkan dengan berbagai kualitas. Akan tetapi, untuk mendapatkan kualitas emas yang bagus, kamu harus lebih teliti memilihnya.

Ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih perhiasan emas seperti cincin emas atau jenis perhiasaan emas lainnya.

Agar tidak keliru dalam memilih perhiasan emas seperti cincin emas, maka pelajari tip-tip dibawah ini:

1. Pilihlah perhiasan emas yang sifatnya padat jangan emas lapis

Pilihlah perhiasan emas yang sifatnya padat jangan emas lapis


Harga emas lapis lebih murah dibandingkan dengan harga emas padat, mengapa bisa seperti itu? Itu disebabkan karena emas lapis itu akan pudar seiring bertambahnya waktu, tergantung berapa sering perhiasan emas itu dipakai, semakin sering dipakai maka akan semakin cepat pudar. Maka kalau bisa silakan beli emas padat.

2. Teliti tentang kandungan emas pada perhiasan sampai harganya

Teliti tentang kandungan emas pada perhiasan sampai harganya


Seperti kita tahu tidak semua perhiasan emas seperti cincin emas itu seluruhnya terbuat dari emas. Ada juga perhiasan yang dilapisi emas dan di bawah lapisan itu merupakan perak atau besi.

Sebaiknya saat ingin membeli perhiasan emas seperti cincin, terlebih dahulu pastikan kandungan emas pada cincin tersebut kepada penjual emas.

Selain itu sebaiknya kamu perlu mengecek harga emas, caranya mudah yaitu dengan cara online, ketik saja harga emas di Google, maka akan keluar harga emas perhari itu. 

Hal ini bermanfaat agar kamu tidak ketinggalan info harga emas dan dapat menyesuaikan dengan harga emas di pasar.

Perlu diketahui semakin tinggi kadar emas pada perhiasan emas seperti cincin emas untuk nikah, maka harganya semakin mahal.

Selain itu yang perlu diketahui tentang tingkat ketahanan perhiasan tersebut, emas murni itu sifatnya lembek, semakin keras sebuah perhiasan emas itu, maka semakin rendah kadar emasnya.


3. Perhatikan respon kulitmu dengan perhiasan emas 

Perhatikan respon kulitmu dengan perhiasan emas


Jika kulitmu memiliki alergi terhadap jenis logam seperti nikel, perlu dipastikan bahwa lapisan bawah pada perhiasan tersebut bukan barang yang mengandung nikel, hal seperti ini sering terjadi saat membeli cincin.

Sebaiknya jika ingin memilih cincin emas yang bagus, belilah cincin yang terbuat dari emas padat, karena dengan beitu cincin tersebut akan tahan lama dan risiko alergi pada kulit akan semakin kecil.


4. Memahami hitungan karat pada perhiasan emas

Memahami hitungan karat pada perhiasan emas


Jumlah karat pada emas merupakan angka yang menunjukkan berapa banyak emas murni yang terkandung dari total 24 karat yang ada pada perhiasan tersebut.

Contoh: Cincin Emas 10 karat, artinya cincin tersebut mengandung sekitar 42% emas (10/24) dan sisanya adalah kandungan lain seperti nikel, besi, dan bahan lainnya.


5. Pilih tempat yang menjual perhiasan emas yang baik dan terpecaya 

Pilih tempat yang menjual perhiasan emas yang baik dan terpecaya


Saat kamu akan membeli perhiasan emas seperti cincin emas atau perhiasan lainnya, perlu diperhatikan tempat dimana emas itu dijual. Pilihlah tempat yang menjual emas yang sudah terpercaya dan jauh dari informasi negatif. 

Hal ini bisa kamu tanyakan kepada keluargamu, ataupun ibumu, mereka biasanya tahu mana penjual yang terpercaya atau tidak.

Perlu juga dipastikan bahwa penjual emas itu tidak berpindah-pindah, hal ini dilakukan agar jika suatu saat kamu ingin menjual atau menukar perhiasaanmu, tempat tersebut ternyata sudah pindah.

Jika hal seperti itu terjadi tentu kamu kecewa dan terkendala untuk menjual atau menukarkan emasmu.

Toko penjual emas dengan servis dan pelayanan yang cepat dan baik, memuaskan, tingkat kepercayaan tinggi dan mempunya track record yang dapat diakui merupakan tempat prioritas yang harus dituju

Demikianlah tips membeli cincin dan memilih cincin emas, semoga artikel singkat ini dapat membantu kamu dalam menemukan perhiasan emas yang kamu dambakan.


Admin mencoba mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan tersebut beserta dengan jawabannya, semoga bermanfaat:

Cincin Kawin Biasanya Berapa Gram

Secara umum tidak ada aturan baku yang mengatur tentang berat dan bentuk dari sebuah cincin. Namun, dibeberapa daerah di Indonesia cincin kawin biasanya memiliki berat 3 sampai 3,5 gram. 

Syarat Cincin Kawin Dalam Islam

Cincin kawin dalam Islam dibolehkan, seperti perempuan dibolehkan memakain cincin nikah emas. Namun, untuk lelaki tidak dibolehkan memakai cincin yang dibuat dari emas, seorang laki-laki muslim boleh memakai cincin nikah, tetapi tidak boleh yang terbuat dari emas.

Bagaimana jika laki-laki memakai cincin emas putih?

Apabila yang dimaksud emas putih adalah emas kuning yan dicampur dengan bahan atau unsur  yang mengandung logam puth, seperti nikel, palladium sehingga membuat emas tadi berubah warna dari warna asinya. 

Maka hukum laki-laki yang memakai jenis emas putih seperti yang dijelaskan di atas adalah HARAM. Jadi, cincin yang bagaimana yang boleh dipakai oleh seorang lelaki Muslim, cincin yang dibuat dari Tembaga .

Mengapa laki-laki tidak boleh memakai emas dalam Islam?

Berdasarkan beberapa pendapat dapat disimpulkan bahwa pada emas ada partikel yang dapat menembus kulit dan masuk ke darah melalui pori-pori. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada darah dan urine. Jika ini terjadi dalam waktu yang lama dan dalam jumlah yang besar dapat memicu penyakit alzheimer.


Posting Komentar untuk "Tips Memilih dan Membeli Cincin Emas"